FUNGSI DAN TUJUAN
Pendidikan anak usia dini memiliki
fungsi utama mengembangkan semua aspek perkembangan anak, meliputi
perkembangan kognitif, bahasa, fisik (motorik kasar dan halus), sosial
dan emosional.
Berbagai hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara perkembangan yang
dialami anak pada usia dini dengan keberhasilan mereka dalam kehidupan
selanjutnya. Misalnya, anak-anak yang hidup dalam lingkungan (baik di
rumah maupun di KB atau TK) yang kaya interaksi dengan menggunakan
bahasa yang baik dan benar akan terbiasa mendengarkan dan mengucapkan
kata-kata dengan benar, sehingga ketika mereka masuk sekolah, mereka
sudah mempunyai modal untuk membaca.
Sehubungan dengan fungsi-fungsi
yang telah dipaparkan tersebut, maka tujuan pendidikan anak usia dini
dapat dirumuskan sebagai berikut :
- Memberikan pengasuhan dan pembimbingan yang memungkinkan anak usia dini tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan potensinya.
- Mengidentifikasi penyimpangan yang mungkin terjadi, sehingga jika terjadi penyimpangan, dapat dilakukan intervensi dini.
- Menyediakan pengalaman yang beranekaragam dan mengasyikkan bagi anak usia dini, yang memungkinkan mereka mengembangkan potensi dalam berbagai bidang, sehingga siap untuk mengikuti pendidikan pada jenjang sekolah dasar (SD).
VISI
Terwujudnya anak usia dini yang
cerdas, sehat, ceria dan berakhlak mulia serta memiliki kesiapan baik
fisik maupun mental dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
MISI
- Meningkatkan perluasan dan pemerataan akses layanan PAUD melalui pnyelenggaraan PAUD yang mudah dan murah, tetapi bermutu.
- Meningkatkan kesadaran, kemampuan dan partisipasi aktif masyarakat dalam memberikan layanan PAUD.
- Memberikan layanan yang prima (efektif, efisien, akuntabel, transparan) kepada masyarakat di bidang PAUD.
TIGA PILAR KEBIJAKAN PAUD
-
Perluasan dan pemerataan akses layanan PAUD kepada semua anak antara lain melalui :
- Pemberdayaan semua potensi yg ada di masyarakat.
- Keberpihakan kpd anak-anak yg kurang beruntung.
-
Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing antara lain dengan cara :
- Mengupayakan PAUD yg murah dan mudah, tetapi bermutu.
-
Penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan pendidikan (PAUD) antara lain dengan cara meningkatkan :
- Keterbukaan, kemudahan dan fleksibilitas di bidang layanan PAUD kepada masyarakat.
SASARAN PAUD
-
Sasaran Utama :
- Anak lahir s/d usia 6 tahun (utamanya yang belum mendapat layanan PAUD Jalur Pendidikan Formal),prioritas 2-4 th.
Th 2009 ditargetkan 35% anak 2-4 th terlayani di PAUD Nonformal, dan 53,90 % Anak usia 0-6 tahun terlayani di PAUD Formal dan Nonformal.
- Anak lahir s/d usia 6 tahun (utamanya yang belum mendapat layanan PAUD Jalur Pendidikan Formal),prioritas 2-4 th.
-
Sasaran antara :
- Orang tua/keluarga, calon orangtua.
- Pendidik dan Pengelola PAUD.
- Semua Lembaga Layanan Anak Usia Dini.
- Para tokoh masyarakat dan stakeholders PAUD.
-
Jalur Formal :
- Taman Kanak-kanak (TK), Raudhatul Athfal (RA), atau bentuk lain sederajat.
-
Jalur Nonformal :
- Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain sederajat.
-
Jalur Informal :
- Pendidikan Keluarga atau Pendidikan yang Diselenggarakan oleh Lingkungan.
Catatan : Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar.
[(UU No. 20 Th 2003, Pasal 28, ayat (1)] .
[(UU No. 20 Th 2003, Pasal 28, ayat (1)] .
Posting Komentar